Model Pembelajaran
model pembelajaran |
Model pembeajaran erat kaitannya dengan proses belajar mengajar oleh pendidik untuk peserta didik, dalam proses mengajar model pembelajaran digunakan untuk mempermudah peserta didik dalam memahami pelajaran yang di berikan, banyak model pembelajaran yang telah dikembangkan untuk membantu proses mengajar sampai sekarang.
Dalam penerapannya hendaknya setiap proses pengajar menggunakan model pembeajaran yang berbeda sesuai dengan kondisi dan materi yang diajarkan, sehingga nantinya akan mudah bagi peserta didik dalam menerima pelajaran yancg diajarkan nantinya.
Pengertian Model Pembelajaran
Model pembelajaran adalah suatu perencanaan atau pola yang dapat kita gunakan untuk mendesain pola-pola mengajar secara tatap muka didalam kelas atau mengatur tutorial, dan untuk menentukan material/perangkat pembelajaran termasuk didalamnya buku-buku, film-film, tipe-tipe, program-program media computer, dan kurikulum (Trianto, 2010: 52).Arends (dalam Trianto, 2010: 51) menyebutkan “model pembelajaran adalah suatu perencanaan atau suatu pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran dikelas atau pembelajaran dalam tutorial”.
Joyce dan Weil menyatakan “Models Of teaching are really models of learning. As we help student acquire information, ideas, skills, value, ways of thinking and means of expressing themselves, we are also teaching them how to learn”(Trianto, 2010: 51).
Hal ini berarti bahwa model mengajar merupakan model belajar dengan model tersebut guru dapat membantu siswa untuk mendapatkan atau memperoleh informasi, ide, ketrampilan, cara berfikir dan mengekspresikan ide itu sendiri.
Sedangkan Joyce dan Weil (dalam Rusman, 2011: 133) berpendapat bahwa model pembelajaran adalah suatu rencana atau pola yang dapat digunakan untuk membentuk kurikulum (rencana pembelajaran jangka panjang), merancang bahan-bahan pembelajaran, dan membimbing pembelajaran di kelas atau yang lain.
Dengan mengetahui beberapa pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran adalah suatu pedoman bagi guru untuk merencanakan pembelajaran dan mendesain kegiatan pembelajaran yang akan diterapkan dikelas demi tercapainya tujuan pembelajaran.
Ciri-ciri Model Pembelajaran
Menurut Rusman (2011: 136) model-model pembelajaran memiliki ciri-ciri sebagai berikut:Berdasarkan teori pendidikan dan teori belajar dari para ahli tertentu. Sebagai contoh, model penelitian kelompok disusun oleh Herbert Thelen dan berdasarkan teori John Dewey. Model ini dirancang untuk melatih partisipasi dalam kelompok secara demokratis.
Mempunyai misi atau tujuan pendidikan tertentu, misalnya model berpikir induktif dirancang untuk mengembangkan proses berpikir induktif.
Dapat dijadikan pedoman untuk perbaikan kegiatan belajar mengajar di kelas, misalnya model Synectic dirancang untuk memperbaiki kretivitas dalam pelajaran mengarang.
Memiliki bagian-bagian model yang dinamakan: (a) urutan langkah-langkah pembelajaran, (b) adanya prinsip-prinsip reaksi, (c) sistem sosial, dan (d) sistem pendukung. Keempat bagian tersebut merupakan pedoman praktis bila guru akan melaksanakan suatu model pembelajaran.
Memiliki dampak sebagai akibat terapan model pembelajaran. Dampak tersebut meliputi: (a) dampak pembelajaran, yaitu hasil belajar yang dapat diukur, (b) dampak pengiring, yaitu hasil belajar jangka panjang.
Membuat persiapan mengajar (desain instruksional) dengan pedoman model pembelajaran yang dipilihnya.
Demikian beberapa pengertian model pembelajaran yang di kemukakn oleh beberapa ahli semoga dapat bermanfaat bagi kita semua terimakasih
Tidak ada komentar:
Posting Komentar